Apa Perbedaan Pustakawan dengan Pemustaka?

Facebook
Email
WhatsApp

Halo, Sahabat IQR!

Sebelumnya ada yang pernah denger istilah ‘pemustaka’ dan ‘pustakawan’? Kali ini IQR mau mengajak Sahabat IQR untuk memahami lebih dalam, apa sih perbedaan antara pemustaka dan pustakawan? Mungkin kedua kata ini sudah tidak asing lagi untuk didengar, khususnya dikalangan Sahabat IQR yang gemar berliterasi. Namun, saat ini terdapat beberapa orang yang sering tertukar atau salah dalam mengartikannya. 

Pustakawan adalah seseorang yang bekerja di perpustakaan guna memfasilitasi pengunjung untuk mendapatkan informasi yang dicari. 

Sedangkan pemustaka adalah sebutan bagi siapa pun yang menggunakan sumber daya dan jasa koleksi perpustakaan. Seorang pemustaka bukan berarti harus meminjam buku atau keanggotaannya tercatat pada sebuah perpustakaan.

Gimana? Sekarang udah mulai paham kan? 

Kedua istilah ini tidak hanya terdapat di perpustakaan aja loh! Namun berlaku juga di Rumah Baca. Saat ini IQR telah mendirikan 6 Rumah Baca yang tersebar di beberapa negara di Indonesia yakni Tanggerang, Medan, Malang, Semarang, dan Tegal sebagai upaya untuk mendukung terbentuknya peradaban yang terdidik dan madani.  

Dukung Rumah Baca IQR dengan donasi terbaikmu untuk peradaban Indonesia yang lebih maju. Donasi dapat berupa uang, alat tulis, dan buku. Perubahan besar berawal dari perubahan kecil yang menjadi sebuah kebiasaan. Jadilah agen perubahan untuk peradaban Indonesia yang lebih baik!

Ayo, turut andil sekarang!