Keresahan Berbuah Karya

Facebook
Email
WhatsApp

Okky Madasari, seorang penulis yang acap kali menyuarakan isu-isu sosial pada setiap karyanya. Penulis kelahiran 30 Oktober 1984 ini membuat kita memahami fenomena sosial lewat aktivitas membaca novel karyanya.

Karya perdananya yang berjudul Entrok membuat kita seakan menyaksikan secara langsung potret zaman rezim Orde Baru dengan segala dinamikanya. Perasaan akan terenyuh manakala membaca novel ini.

Selain novel Entrok, Okky pun telah berhasil menerbitkan banyak karya lainnya, bahkan beberapa diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan ia menyabet rentetan penghargaan.

Novel Entrok diterjemahkan dengan judul The Years of the Voiceless. Kemudian, dua novel lain yang juga mengangkat isu-isu sosial pun tak kalah hebatnya, yakni Maryam (The Outcast) dan Pasung Jiwa (Bound).

Okky juga pernah menjadi pemenang Kusala Sastra Khatulistiwa pada tahun 2012 yang mana penghargaan itu tertuju pada karya berjudul “Maryam”

Sosok seperti Okky Madasari ini patut diacungi jempol. Sebagai seorang berlatar belakang sarjana Hubungan Internasional, ia mampu menyajikan rentetan realita sosial yang terkesan kaku menjadi sebuah novel dengan alur cerita segar, menarik, dan mengasyikkan.

Ia pun pernah meraih beasiswa penuh dari Universitas Nasional Singapura (NUS) pada tahun 2019 dengan menempuh program doktor.

Kunjungi website okkymadasari.net untuk mengenalnya lebih jauh.