Dampak Positif Membaca Al-Qur’an Bagi Kesehatan dan Keutamaannya Saat Bulan Ramadan

Facebook
Email
WhatsApp

Halo, Sahabat IQR! Tak terasa ya sebentar lagi kita akan bersua kembali dengan bulan Ramadan. Omong-omong rencana apa saja yang ingin kamu wujudkan selama Ramadan? Aku sih mau mengkhatamkan Al-Qur’an sampai selesai 30 juz.

Keutamaan membaca Al-Qur’an selama bulan Ramadan ada dalam firman Allah SWT: 

شَهۡرُ رَمَضَانَ الَّذِىۡٓ اُنۡزِلَ فِيۡهِ الۡقُرۡاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَ بَيِّنٰتٍ مِّنَ الۡهُدٰى وَالۡفُرۡقَانِۚ فَمَنۡ شَهِدَ مِنۡكُمُ الشَّهۡرَ فَلۡيَـصُمۡهُ ؕ وَمَنۡ کَانَ مَرِيۡضًا اَوۡ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنۡ اَيَّامٍ اُخَرَؕ يُرِيۡدُ اللّٰهُ بِکُمُ الۡيُسۡرَ وَلَا يُرِيۡدُ بِکُمُ الۡعُسۡرَ وَلِتُکۡمِلُوا الۡعِدَّةَ وَلِتُکَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰٮكُمۡ وَلَعَلَّکُمۡ تَشۡكُرُوۡنَ

“Di antara amal kebajikan yang sangat dianjurkan dilakukan di bulan Ramadhan adalah tadarus Al Quran. Tadarus Al Quran berarti membaca, merenungkan, menelaah, dan memahami wahyu-wahyu Allah SWT yang turun pertama kali pada malam bulan Ramadhan.” (QS. Al-Baqarah ayat 185).

Ternyata, membaca Al-Qur’an bagus juga untuk kesehatan kamu. Penasaran? Lanjutkan bacanya.

Dilansir dari beragam sumber, terdapat empat manfaat membaca Al-Qur’an untuk kesehatan, yaitu:

1.Memberikan Ketenangan

Membaca Al-Qur’an memberikan ketenangan jiwa. Sebuah studi di Universitas Salford, Inggris membuktikan bahwa saat melantunkan ayat suci Al-Qur’an, kita akan cenderung lebih rileks dibanding membaca buku biasa.

2.Menurunkan Tingkat Stress

Bacaan Al-Qur’an mampu memunculkan efek relaksasi sampai 65%, yang berarti menjadi satu efek positif dalam menekan tingkat stress. Hal ini berlandaskan pada penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ahmad Al Qadhi (Direktur Utama Islamic Muslim for Education and Research).

3.Menstabilkan Tekanan Darah dan Denyut Jantung

Efek relaksasi yang dirasakan selama membaca Al-Qur’an tentunya berdampak positif bagi tekanan darah dan denyut jantung kamu. Karena saat membaca Al-Qur’an, manajemen emosi terkontrol dengan baik.

4.Menajamkan Daya Ingat dan Menguatkan Fokus Pikiran 

Saat membaca Al-Qur’an, sudah pasti kita sangat fokus, terlebih kala mendalami kandungannya. Kebiasaan fokus tersebut berimplikasi positif terhadap kuatnya ingatan dan bisa mencegah kepikunan.

Bagaimana? Sangat bermanfaat bukan? Ayo biasakan diri untuk terus membaca Al-Qur’an, bukan hanya ketika Ramadan saja, melainkan setiap hari tanpa menilik bulan apa.