Menjadi lebih dermawan di bulan Ramadhan

Facebook
Email
WhatsApp

Mendengar kata Ramadhan identik dengan berpuasa. Berpuasa merupakan aktivitas tidak makan, tidak minum, dan menahan hawa nafsu kita. Dengan berpuasa di bulan Ramadhan, kita akan mendapatkan pahala seperti yang telah tercantum pada beberapa hadist Rasulullah SAW. Di bulan Ramadhan, kita sebagai umat muslim diwajibkan untuk berbuat baik kepada sesama tanpa memandang bulu, berbuat baik dapat dilakukan dengan menjadi lebih darmawan. Artinya, kita harus rajib bersedekah dan membantu mereka yang membutuhkan. 

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman: “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Bukhari no. 1904, 5927 dan Muslim no. 1151).

Menjadi lebih dermawan bisa kamu lakukan dengan berwakaf Qur’an, loh. Dengan berwakaf Qur’an dan menyalurkannya kepada mereka yang membutuhkan Al-Qur’an pahala kamu akan terus mengalir khususnya di bulan Ramadhan. Dikutip dari akurat.co terdapat lima keutamaan menjadi dermawan menurut Islam, diaantaranya: 

1. Harta akan diganti oleh Allah SWT berlipat ganda 

2. Dapat memadamkan dosa

3. Dekat dengan Allah dan dekat dengan surga-Nya

4. Harta yang didermakan tidak akan berkurang

5. Mendapat jaminan Surga 

“Kusukai agar seorang muslim itu makin dermawan di bulan Ramadhan dalam rangka meneladani Nabi Muhammad Shallallahu’alahi Wassalam, banyak orang yang memerlukan bantuan untuk memenuhi kebutuhannya” (Imam Asy-Syafi’i Rahiahullah – Mukhtasar Kitab al-Umm karya Al-Muzani hlm 89, Dar Al-Ma’rifah Beirut)  

Masyaallah.. jadi dermawan mulai dari sekarang, yuk!