Siapa sih Penemu Metode Belajar “Ini Budi”?

Facebook
Email
WhatsApp
penemu metode belajar ini budi

Kalian pasti gak asing kan, sama nama Ani dan Budi?

Nama yang menjadi tokoh utama dalam setiap buku pelajaran kita dulu.

Tapi, kalian tahu gak sih awal mula nama Budi dan Ani?

Jadi, nama Budi dan Ani pertama kali dicetuskan oleh ibu Siti Rahmani Rauf. Seorang guru yang mendedikasikan dirinya penuh untuk Pendidikan. Ibu Siti Rahmani menciptakan tokoh Budi dan Ani dalam buku sekolah yang terbit pada tahun 1980-an, setelah ditawarkan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, ketika ia sudah pensiun sebagai Kepala Sekolah SDN Tanah Abang 5, Jakarta Pusat, pada tahun 1976.

Hebatnya Ibu Siti Rahmani Rauf, tawaran tersebut ia terima tanpa meminta bayaran, semata-mata karena kecintaannya pada dunia pendidikan. Untuk diketahui, Budi dan Ani bukan semata-mata ingin menunjukkan keidentikan Indonesia, melainkan ada alasan ilmiahnya juga ternyata.

Metode pembelajaran bahasa yang sekaligus menggunakan alat peraga, yang disebut Struktur Analitik Sintesis (SAS) Bahasa Indonesia tersebut dianggap menyenangkan bagi siswa SD pada masa itu sehingga membantu para murid menjadi lebih cepat bisa membaca.

Tokoh Budi dan Ani dinilai sangat cocok dengan metode Struktur Analitik Sintetik (SAS). Metode SAS penting dalam pembelajaran. Sebab, memadukan unsur dunia anak-anak dengan materi pembelajaran. Oleh karena itu, anak akan lebih cepat belajar dengan memasukkan unsur-unsur kesehariannya.

Wah… Hebat ya karya Indonesia, kita patut mengapresiasi!

IQR sedang mencari sejuta orang baik untuk menjadi donatur program Rumah Tahfiz dan Wakaf Quran untuk Negeri.

Transfer Bank BNI Syariah 

0983567720

a/n Rizkya Prinanda