Pentingnya Literasi untuk Mencegah Hoax

Facebook
Email
WhatsApp

Halo sobat IQR, tau gak sih pada era digital saat ini, informasi bertebaran dengan sangat cepat.  Setiap kejadian seperti tidak luput dari liputan reporter atau jurnalis. Dengan narasi – narasi yang beragam dari yang kredibel sampe abal – abal turut ikut serta dalam menyebarkan informasi.  Setiap orang dapat mengakses informasi dengan sangat mudah hanya dengan melalui alat yang berada pada genggaman.

Pada tahap penerimaan informasi ada yang menelan secara mentah – mentah dan membagikannya kepada rekan, sahabat, keluarga hingga pacar.  Ada pula yang menyaringnya untuk mengetahui informasi yang sebenarnya. Keadaan tersebut membuat informasi seperti dua mata pisau yaitu jika informasi yang disampaikan benar maka akan bermanfaat, namun jika informasi yang disampaikan salah maka akan membawa dampak buruk.

Untuk memastikan bahwa informasi yang  diterima tersebut benar atau tidak adalah dengan memperbanyak literasi.  Sebelum informasi disebar kepada orang lain, harus dipastikan bahwa berita tersebut valid.  Jika tidak informasi yang disebar hanyalah hoax semata, tidak seluruhnya benar.

Berikut literasi yang dapat kamu lakukan untuk menyaring informasi hoax :

1. Sumber yang valid

Berita hoax seringkali dikeluarkan oleh situs – situs yang yang tidak berasal dari pers resmi.  Misalnya beberapa situs masih menggunakan domain blog sehingga kredibilitasnya masih diragukan.  Oleh karena itu, ketika menerima berita dapat dipastikan mengenai sumber yang menyebarkannya.

2. Hati – hati dengan judul provokatif

Berita hoax umumnya menggunakan judul berita yang langsung menuding salah satu pihak.  Isinya bisa saja mirip dengan berita resmi, namun ada beberapa bagian yang dirubah mengikuti keinginan penyebar hoax.  Oleh karena itu, penting untuk mencari berita yang sama sebelum kita terprovokasi oleh judul berita.

3. Cek keaslian foto

Terkadang dalam berita hoax terdapat foto yang menggambarkan kejadian suatu berita.  Tetapi bisa jadi foto yang disebar merupakan sebuah manipulasi yaitu tidak sesuai dengan aslinya.  Oleh karena itu, kita harus mengecek foto – foto yang terdapat di berita dengan menggunakan beberapa fitur.  Salah satu contohnya menggunakan Google Images.

Dengan memiliki literasi yang bagus dalam menerima informasi, kita tidak mudah terprovokasi oleh isu – isu yang beredar.  Maka perbanyaklah literasi!

IQR sedang mencari sejuta orang baik untuk menjadi donatur program Rumah Tahfiz dan Wakaf Quran untuk Negeri.

Transfer Bank BNI Syariah 

0983567720

a/n Rizkya Prinanda