Berbisnis Sembari Bersosial

Facebook
Email
WhatsApp

Siapasih yang engga pengen menjadi pebisnis sekaligus bersosial, bersosial disini ialah dapat memberikan dampak yang positif untuk sekitarnya, mengenai hak tersebut pastinya mayoritas orang menginginkan menjadi pebisnis juga dapat bersosial. Namun, tak sedikit dari mereka merasa kebingungan untuk mengetahui cara agar ia dapat menjadi seperti seperti itu. Nah sahabat, IQR hadir untuk memberi tips kepada kalian yang masih merasa kebingungan. Gimana sih caranya? Jawabannya adalah menjadi Sociopreneur.

Apasih sochiopreneur itu?

Jadi, sochiopreneur itu merupakan jenis usaha atau bisnis yang bertujuan tidak hanya untuk dapat mengambil keuntungan semata namun juga terdapat unsur sosial yang terdapat di dalamnya. Sociopreneur ini merupakan suatu bisnis yang tidak memiliki tujuan untuk mrnimbun kekayaan diri sendiri namun mampu berkontribusi menyejahterakan masyarakat. Nah ini pasti ada kaitannya dengan orang yang ingin menebar kebaikan untuk sekitarnya, kok bisa sih? Jawabannya karena sociopreneur ini memiliki beragam usaha yakni :

  1. Usaha kerajinan tangan
  2. Bisnis pertanian
  3. Bidang kesehatan seperti Klinik Asuransi Sampah
  4. Usaha mode dan retail
  5. Bidang energi dan lingkungan seperti Waste4Change

Pastinya hal tersebut akan membawa keuntungan bukan hanya untuk perorangan namun untuk sekitarnya. Lalu pastinya untuk menjadi sochiopreneur ini ada beberapa tips yang harus diperhatikan, yaitu :

1.      Pahami Isu Yang Ingin Diangkat

Nah jadi sociopreneur ini ialah mereka yang peka terhadap isu lingkugan. Hal ini dilakukan agar bisnis sosial yang ingin dijalankan itu tidak setengah-setengah dan malah tidak memberikan dampak sama sekali terhadap lingkungan masyarakat. Maka alangkah lebiih baiknya untuk dapat memahami terlebih dahulu tentang isu yang ingin diangkat.

2.      Lakukan Riset

Di dalam sociopreneur hendaknya tidak hanya sekedar target pasar saja, namun didalam sociopreneur juga harus melakukan riset yang sekiranya mampu menargetkan dengan isu yang sama dengan bisnis yang anda miliki. Nah selain itu, alangkah baiknya jika mencari berbagai bisnis, organisasi, ataupun asosiasi lain yang sekiranya dapat diajak untuk bekerjasama.

3.      Jalankan Bisnis Transparan

Socioprneur ini merupakan bisnis yang fokus terhadap isu sosial, sehingga dengan hal tersebut setiap dana, bisnis, maupun hal lainnya harus dapat dilaporkan sedara transparan. Hal ini memiliki urgensi agar menghindari adanya krisis kepercayaan dari berbagai pihak yang diajak untuk bekerjasama. Dan yang tidak dapat dipungkiri bahwasannya sebelum berbisnis hendaknya mempunyai pendanaan yang cukup dan juga telah menyeimbangkan profit serta dampak yanng akan diperolehh nantinya.

4.      Manfaatkan Platform Digital

Mengapa harus memanfaatkan platform digital? Hal ini dikarenakan kebanyakan bisnis pada saat ini masih saja sangat terpaku terhadap platform konvensional untuk menunjang usahanya. Untuk itu, ada baiknya agar dapat lebih menjangkau banyak audiens gunakan platform digital seperti aplikasi dan juga media sosial. Nah hal penting yang perlu diketahui adalah online presence atau kehadiran suatu brand di dunia digital ternyata mampu membangun kedekatan yang baik antara brand dengan konsumennya.

Jadi kesimpulannya dalah menjadi seorang sociopreneur itu ialah menjalankan suatu bisnis yang tidak semua orang dapat memilikinya, karena di dalam sociopreneur selain harus bisa memikirkan keuntungan bisnis, di dalam karakter bisnis ini akan menuntut sociopreneur untuk dapat memperhatikan dampak positif dan juga isu sosial yang ada dilingkungan sekitar. Pada intinya sociopreneur adalah orang yang mengetahui atau memahami adanya masalah social di masyarakat. Selanjutnya dengan menggunakan prinsip-prinsip kewirausahaan, mereka mengorganisasi, mengkreasi, dan mengelola potensi yang ada untuk membuat perubahan social. Namun jangan menciut dan berkecil hati akan hal tersebut, nyatanya sudah banyak sekali contoh sociopreneur dari dalam negeri yang dapat menuangkan idenya. Karena kunci yang paling penting untuk menjadi sociopreneur adalah konsisten dan mampu memanfaatkan peluang yang ada.

Nah sobat IQR sudah paham kan gimana caranya berbisnis sembari memberi dampak positif untuk sekitarnya? Silahkan mencoba dan lakukan aksi nyata. Salam semangat dan terus mencoba dari IQR untuk kalian.

Source:

  • https://accurate.id/bisnis-ukm/sociopreneur-adalah/
  • https://www.bernas.id/59518-sociopreneur-pengertian-dan-hal-hal-yang-harus-dimiliki-oleh-seorang-sociopreneur
  • https://www.erlangga.co.id/umum/8453-apa-dan-siapa-sih-sociopreneur-itu.html
  • https://qwords.com/blog/sociopreneur/
 

IQR sedang mencari sejuta orang baik untuk menjadi donatur program Rumah Tahfiz dan Wakaf Quran untuk Negeri.

Transfer Bank BNI Syariah 

0983567720

a/n Rizkya Prinanda